Contoh Kasus Implementasi Strategi dan Taktik Pada PT.Indofood Tbk

BAB I. PENDAHULUAN

 

1.      Definisi Strategi dan Taktik

Kata setrategi dan taktik sudah tidak asing di telinga kita, banyak orang menganggarp bahwa strategi dan taktik adalah hal yang sama. Namun sebenarnya antara strategi dengan taktik adalah suatu hal yang berbeda. Di bidang marketing menggunakan taktik dan strategi ini untuk meningkatkan penghasilan dan memperbanyak pelanggan yang setia terhadap produk yang ditawarkan.

Didalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, identifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip pelaksanaan gagasan rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

Strategi adalah suatu pendekatan secara keseluruhan yang berkenaan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Pada awalnya kata strategi hanya dipergunakan dalam istilah militer, namun kemudian berkembang penggunaannya ke beberapa bidang lain seperti pemasaran.

Taktik adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan terampil. Pada praktiknya dilapangan maka sebuah taktik tidak bisa lepas dari strategi, dengan kata lain taktik adalah cara-cara untuk melakukan atau mewujudkan strategi dengan baik

BAB II. ISI

1.      Perbedaan Strategi dan Taktik

Perbedaan utama yang sangat terlihat antara taktik dengan strategi adalah, taktik memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan strategi dengan ruang lingkup dan waktu yang lebih panjang atau bisa di bilang jangka panjang.

Perbedaan lain dari taktik dan trategi yaitu, taktik merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara terampil dan aktif untuk mencapai strategi, sedangkan strategi adalah rencana yang sudah di susun untuk mencapai tujuan atau goal.

2.      Studi Kasus

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., yang telah menjadi perusahaan raksasa terbesar di Indonesia yang selalu mendirikan unit-unit bisnis pendukungnya untuk mencapai keinginan terciptanya satu sistem produksi yang terintegrasi. Tentu saja dengan memiliki sistem produksi yang terintegrasi, PT. Iindofood dengan mudah menguasai pasar, dan tidak tergantung terhadap pemasok, karena bahan baku sudah dimiliki.

Dalam pengembangan pasar dan peningkatan kemampuan perusahaan, PT. Indofood menggunakan strategi Intensif (Intensive strategy). Seperti yang kita ketahui, PT. Indofood terutama produk mie instannya memiliki keunikan rasa dan promosi iklan yang mengusung tema nusantara. Hal ini yang mendasari kami bahwa PT. Indofood menggunakan strategi diferensiasi karena keunikan dan cakupan pasar yang luas terhadap produk mie instannya.

Strategi yang digunakan PT. Indofood untuk mengakuisisi PT. Londsum adalah Strategi Integrasi Vertikal (Vertical Integration Strategy). Strategi ini menghendaki perusahaan melakukan pengawasan lebih terhadap distributor (Forward Integration Strategy), pemasok (Backward Integration Strategy), dan/atau para pesaingnya (Horizontal Integration Strategy). Akuisisi oleh PT. Indofood menurut kami, adalah pengambilalihan kepemilikan mayoritas saham perusahaan (PT. Londsum). Dengan tujuan mendapatkan kepemilikan atau meningkatkan pengendalian bagi pemasok.

Diketahui bahwa PT. Londsum memiliki perkebunan kelapa sawit yang dapat digunakan PT. Indofood sebagai sumber bahan baku pembuatan produknya. Dari sudut pandang PT. Indofood adalah tepat dengan mengakuisisi PT. Londsum. Dimaksudkan dengan adanya kepemilikan saham mayoritas maka pengendalian dan pengawasan pasokan bahan baku sepenuhnya berada pada PT. Indofood. Jika PT. Indofood hanya merger dengan PT. Londsum, kemungkinan terciptanya resiko atau konflik di antara kedua perusahaan semakin besar.

3.      Implementasi Strategi dan Taktik pada PT. Indofood Tbk.

3.1.   Strategi

Kesuksesan PT. Indofood Tbk tidak hanya untuk Mie instanPT. Indofood Tbk. merupakan suatu unit bisnis/perusahaan yang melakukan penerapan strategi generik dengan memperhatikan beberapa strategi di dalamnya. PT Indofood Tbk, banyak melakukan diferensiasi produk untuk memenangkan persaingan hingga menguasai mangsa pasar saat ini. Dengan demikian, didapatkan bahwa strategi generik yang diterapkan oleh Indofood adalah diferensiasi produk unggulan serta mengakuisisi PT Lonsum untuk memperluas lahan perkebunan.

 

3.2.   Taktik

Taktik yang dilakukan oleh PT. Indofood Tbk. Sangat beragam untuk mencapai target penjualan dan menjadi trend pasar saat ini. Berikut beberapa taktik yang sudah di implementasikan PT. Indofood Tbk.:

1.      meningkatkan market share. Untuk meningkatkan perluasan pasar pada PT. Indofod Tbk. Untuk suatu produk melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih besar, Dapat diimplementasikan dengan menambah jumlah tenaga penjual, iklan, atau usaha promosi lainnya.

2.      Mengembangkan produk yang sudah ada denga cara meningkatkan kualitas produk atau memodifikasi produk lama dengan rasa atau kemasan yang baru guna untuk meng-efisiensikan manfaat produk.

3.      Sesuai dengan strategi generik yang di terapkan, PT. Indofood Tbk. Mengeluarkan produk-produk baru dengan manfaat dan kategori yang berbeda di bidang kuliner, baik makanan instan, bumbu, minuman, snack dan masih banyak lagi.

4.      Pengembangan Produk Kaya Protein

5.      Pengembangan Teknologi dan Produksi Pangan Berbasis 10 Komoditas

6.      Pengembangan Fortifikasi Pangan

7.      Pemanfaatan Bioteknologi dan Kimia Pangan untuk Mendukung Penganekaragaman Pangan.

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Anon., 2016. Area Perbedaan. [Online]
Available at: http://areaperbedaan.blogspot.com/2016/01/perbedaan-taktik-dan-strategi.html
[Accessed 2 Maret 2021].

Supriyadi, O., 2012. Berbagi Materi. [Online]
Available at: https://okisupriyadi.wordpress.com/2012/10/18/implementasi-rencana-strategi-perusahaan-indofood-tbk-2/
[Accessed 2 Maret 2021].

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UAS Etika Bisnis: Pelanggaran Etika Bisnis

KEJAHATAN DAN KORUPSI PADA KORPORASI DALAM ETIKA BISNIS