Contoh Kasus Implementasi Strategi dan Taktik Pada PT.Indofood Tbk
BAB I. PENDAHULUAN
1. Definisi Strategi dan Taktik
Kata setrategi dan taktik sudah tidak
asing di telinga kita, banyak orang menganggarp bahwa strategi dan taktik adalah
hal yang sama. Namun sebenarnya antara strategi dengan taktik adalah suatu hal
yang berbeda. Di bidang marketing menggunakan taktik dan strategi ini untuk
meningkatkan penghasilan dan memperbanyak pelanggan yang setia terhadap produk
yang ditawarkan.
Didalam strategi yang baik terdapat
koordinasi tim kerja, memiliki tema, identifikasi faktor pendukung yang sesuai
dengan prinsip pelaksanaan gagasan rasional, efisien dalam pendanaan, dan
memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Strategi adalah suatu pendekatan
secara keseluruhan yang berkenaan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi
sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Pada awalnya kata strategi hanya
dipergunakan dalam istilah militer, namun kemudian berkembang penggunaannya ke
beberapa bidang lain seperti pemasaran.
Taktik adalah suatu tindakan yang
dilakukan dengan terampil. Pada praktiknya dilapangan maka sebuah taktik tidak
bisa lepas dari strategi, dengan kata lain taktik adalah cara-cara untuk
melakukan atau mewujudkan strategi dengan baik
BAB II. ISI
1. Perbedaan Strategi dan Taktik
Perbedaan utama yang sangat terlihat
antara taktik dengan strategi adalah, taktik memiliki ruang lingkup yang lebih
sempit dan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan strategi dengan ruang
lingkup dan waktu yang lebih panjang atau bisa di bilang jangka panjang.
Perbedaan lain dari taktik dan
trategi yaitu, taktik merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara terampil
dan aktif untuk mencapai strategi, sedangkan strategi adalah rencana yang sudah
di susun untuk mencapai tujuan atau goal.
2. Studi Kasus
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., yang
telah menjadi perusahaan raksasa terbesar di Indonesia yang selalu mendirikan
unit-unit bisnis pendukungnya untuk mencapai keinginan terciptanya satu sistem
produksi yang terintegrasi. Tentu saja dengan memiliki sistem produksi yang
terintegrasi, PT. Iindofood dengan mudah menguasai pasar, dan tidak tergantung
terhadap pemasok, karena bahan baku sudah dimiliki.
Dalam pengembangan pasar dan
peningkatan kemampuan perusahaan, PT. Indofood menggunakan strategi Intensif
(Intensive strategy). Seperti yang kita ketahui, PT. Indofood terutama produk
mie instannya memiliki keunikan rasa dan promosi iklan yang mengusung tema
nusantara. Hal ini yang mendasari kami bahwa PT. Indofood menggunakan strategi
diferensiasi karena keunikan dan cakupan pasar yang luas terhadap produk mie
instannya.
Strategi yang digunakan PT. Indofood
untuk mengakuisisi PT. Londsum adalah Strategi Integrasi Vertikal (Vertical
Integration Strategy). Strategi ini menghendaki perusahaan melakukan pengawasan
lebih terhadap distributor (Forward Integration Strategy), pemasok (Backward
Integration Strategy), dan/atau para pesaingnya (Horizontal Integration
Strategy). Akuisisi oleh PT. Indofood menurut kami, adalah pengambilalihan
kepemilikan mayoritas saham perusahaan (PT. Londsum). Dengan tujuan mendapatkan
kepemilikan atau meningkatkan pengendalian bagi pemasok.
Diketahui bahwa PT. Londsum memiliki
perkebunan kelapa sawit yang dapat digunakan PT. Indofood sebagai sumber bahan
baku pembuatan produknya. Dari sudut pandang PT. Indofood adalah tepat dengan
mengakuisisi PT. Londsum. Dimaksudkan dengan adanya kepemilikan saham mayoritas
maka pengendalian dan pengawasan pasokan bahan baku sepenuhnya berada pada PT.
Indofood. Jika PT. Indofood hanya merger dengan PT. Londsum, kemungkinan terciptanya
resiko atau konflik di antara kedua perusahaan semakin besar.
3. Implementasi Strategi dan Taktik pada PT. Indofood Tbk.
3.1. Strategi
Kesuksesan PT. Indofood Tbk tidak
hanya untuk Mie instanPT. Indofood Tbk. merupakan suatu unit bisnis/perusahaan yang
melakukan penerapan strategi generik dengan memperhatikan beberapa strategi di
dalamnya. PT Indofood Tbk, banyak melakukan diferensiasi produk untuk
memenangkan persaingan hingga menguasai mangsa pasar saat ini. Dengan demikian,
didapatkan bahwa strategi generik yang diterapkan oleh Indofood adalah
diferensiasi produk unggulan serta mengakuisisi PT Lonsum untuk memperluas
lahan perkebunan.
3.2. Taktik
Taktik yang dilakukan oleh PT.
Indofood Tbk. Sangat beragam untuk mencapai target penjualan dan menjadi trend
pasar saat ini. Berikut beberapa taktik yang sudah di implementasikan PT.
Indofood Tbk.:
1. meningkatkan
market share. Untuk meningkatkan perluasan pasar pada PT. Indofod Tbk. Untuk suatu
produk melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih besar, Dapat diimplementasikan
dengan menambah jumlah tenaga penjual, iklan, atau usaha promosi lainnya.
2. Mengembangkan
produk yang sudah ada denga cara meningkatkan kualitas produk atau memodifikasi
produk lama dengan rasa atau kemasan yang baru guna untuk meng-efisiensikan
manfaat produk.
3. Sesuai
dengan strategi generik yang di terapkan, PT. Indofood Tbk. Mengeluarkan produk-produk
baru dengan manfaat dan kategori yang berbeda di bidang kuliner, baik makanan
instan, bumbu, minuman, snack dan masih banyak lagi.
4. Pengembangan
Produk Kaya Protein
5. Pengembangan
Teknologi dan Produksi Pangan Berbasis 10 Komoditas
6. Pengembangan
Fortifikasi Pangan
7. Pemanfaatan
Bioteknologi dan Kimia Pangan untuk Mendukung Penganekaragaman Pangan.
DAFTAR PUSTAKA
Anon., 2016. Area Perbedaan. [Online]
Available at: http://areaperbedaan.blogspot.com/2016/01/perbedaan-taktik-dan-strategi.html
[Accessed 2 Maret 2021].
Supriyadi,
O., 2012. Berbagi Materi. [Online]
Available at: https://okisupriyadi.wordpress.com/2012/10/18/implementasi-rencana-strategi-perusahaan-indofood-tbk-2/
[Accessed 2 Maret 2021].
Komentar
Posting Komentar